Indikator
  • Undercontruction

Stratakindo: Empat Kandidat ini Potensial Bersaing di Pilgub Sumsel

Home / Politik / Stratakindo: Empat Kandidat ini Potensial Bersaing di Pilgub Sumsel
Stratakindo: Empat Kandidat ini Potensial Bersaing di Pilgub Sumsel Ilustrasi Pilgub Sumsel. (Foto: Kaganga)

PALEMBANGTIMES, PALEMBANG – Pilkada Gubernur Sumatera Selatan semakin menarik. Berbagai survei dari berbagai lembaga sudah memberikan gambaran.

Kali ini, hasil Survei ketiga Pilkada Sumsel yang dilakukan Stratakindo dilaksanakan dari 5 - 10 September 2017 pun di publis ke publik. 

Direktur Stratakindo Octarina Soebardjo mengungkapkan populasi survei adalah seluruh masyarakat Provinsi Sumatera Selatan yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah.

Adapun jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 820, dengan margin of error sebesar ± 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai secara tatap muka. Satu pewawancara bertugas untuk satu kelurahan atau satu desa yang terdiri hanya 10 responden.

"Quality control secara random sebanyak 20% dari total sampel dilakukan oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti," terang Dia saat rilis survei Stratak Indonesia (Stratakindo) Research and Consulting, Kamis (13/9/2017).

Selanjutnya, Peneliti Stratakindo, Hasan Asy'ari memaparkan temuan pokok dari survei lembaganya yaitu terjadinya kenaikan elektabilitas dari beberapa kandidat.

Jika dibandingkan pada survei 2 - 10 Juni 2017 elektabilitas 14 nama secara tertutup, Syahrial Oesman berada di angka 20,7 persen pada survei 5 - 10 September 2017 bergerak sedikit ke angka 21,7 persen.

"Herman Deru juga bergerak naik lebih banyak, dari angka 17,8 persen naik ke angka 19,2 persen," ujar Hasan. 

Sementara Dodi Reza Alex memecahkan rekor, naik dari 8,8 persen naik ke 14,6 persen, artinya naik sebanyak 5,8 persen sedangkan Ishak Mekki dari 11,7 naik ke 12,2 persen kemudian Aswari Riva'i merangkak dari angka 5,8 persen ke 6,3 persen.

Berita Terkait

Komentar

Top
Tim.my.id Wawanita.com satriamedia.com