Pemilu 2019

DPR RI Undang Tamu Negara Saksikan Sistem Demokratis Indonesia

Home / Berita / DPR RI Undang Tamu Negara Saksikan Sistem Demokratis Indonesia
DPR RI Undang Tamu Negara Saksikan Sistem Demokratis Indonesia Focus Group Discussion bertajuk Election Visit Indonesia 2019 (FOTO: Istimewa)

TIMESPALEMBANG, JAKARTADPR RI mengundang anggota parlemen negara-negara sahabat untuk menyaksikan langsung proses Pemilihan Umum (Pemilu 2019) serentak di Tanah Air. Hal ini dimaksudkan dalam upaya DPR RI memperlihatkan Indonesia sebagai negara demokratis terbesar di dunia. 

Terlebih pada Pemilu kali ini, menghadirkan sekaligus Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg).

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan, undangan ini diinisiasi DPR RI dan baru pertama kali dilakukan. Kegiatan ini bagian dari upaya untuk melihat bagaimana perkembangan demokrasi di Indonesia.

“Ini adalah inisiatif DPR untuk mengundang sejumlah anggota parlemen dari beberapa negara sahabat sekaligus organisasi internasional yang selama ini dekat dan bekerja sama dengan DPR. Ini adalah Pemilu serentak pertama yang kita laksanakan, baik Pilpres maupun Pileg,” ungkap Fadli dalam keterangan rilisnyan, Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Lebih lanjut, beberapa negara lain tidak ikut hadir dalam undangan tersebut seperti Parlemen Amerika dan Australia. Para undangan dan observer dari negara asing yang diundang ini kemudian akan memantau ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Jabodetabek. Di TPS itulah para undangan melihat dari dekat bagaimana masyarakat di Tanah Air melakukan pemungutan suara dan proses penghitungannya.

“Kita ingin menunjukkan bahwa proses demokrasi di Indonesia merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari agenda politik nasional yang cukup unik. DPR baru pertama kali mengundang. Biasanya yang mengambil inisiatif KPU (Komisi Pemilihan Umum). Tapi di negara-negara lain juga parlemennya biasa mengundang bila ada Pemilu,” terang politisi Partai Gerindra itu.

Dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Election Visit Indonesia 2019 yang digelar oleh DPR RI, para undangan negara yang hadir di antaranya Parlemen Turki, Malaysia, Pakistan, Rusia, dan dua organisasi internasional seperti Organisasi Konferensi Islam dan Westminster Foudation for Democracy (WFD), Inggris.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com