Luasan Kebakaran Gunung Merbabu Capai 150 Hektare

Home / Berita / Luasan Kebakaran Gunung Merbabu Capai 150 Hektare
Luasan Kebakaran Gunung Merbabu Capai 150 Hektare Kebakaran Gunung Merbabu. (FOTO: Istimewa)

TIMESPALEMBANG, BOYOLALIKebakaran di Gunung Merbabu semakin meluas. Hingga Jumat (13/9/2019), luasan areal yang terbakar mencapai antara 100 hingga 150 hektare (Ha).

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Junita Parjanti mengatakan, luasan lahan yang terbakar semula sekitar 10 hektare, namun hingga saat ini luasan yang terbakar semakin meluas ke arah puncak, yang sebagian masuk wilayah Boyolali.

"Sampai tadi malam luasan yang terbakar mencapai 100-150 hektare," ungkap Junita.

Gunung-Merbabu-2.jpg

Antisipasi pemadaman kebakaran terus dilakukan BTNGMb dengan berkoordinasi utamanya dengan BPBD sekitar Gunung Merbabu, yakni BPBD Magelang, Boyolali, dan Semarang. Selain itu BTNGMb juga berkoordinasi dengan jajaran relawan dan masyarakat sekitar untuk upaya pemadaman.

"Tadi pagi relawan dan masyarajat naik dari Ampel ke atas untuk pemadaman sampai sore hari," terang dia.

Pihaknya berharap api dapat segera dipadamkan. Hanya saja cuaca panas dan kencangnya angin menjadi kendala, ditambah medan yang berat di lereng Gunung Merbabu.

Sementara itu, kebakaran di Gunung Merbabu membuat BTNGMb menutup semua jalur pendakian. Sedangkan puluhan pendaki yang terlanjur naik, seluruhnya sudah berhasil diturunkan dengan selamat. "Terhitung tanggal 12 September kemarin seluruh pendaki sudah turun semua dan semua jalur pendakian ditutup," imbuh Junita. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com