Selain Meningkatkan Nafsu Makan, Ini Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Anak

Home / Gaya Hidup / Selain Meningkatkan Nafsu Makan, Ini Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Anak
Selain Meningkatkan Nafsu Makan, Ini Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Anak Temulawak. (FOTO: hellosehat)

TIMESPALEMBANG, JAKARTAManfaat temulawak untuk meningkatkan nafsu makan anak memang sudah tidak diragukan lagi. Namun, tahukah Anda jika temulawak memiliki beragam manfaat lain untuk kesehatan anak.

Berikut ini manfaat lain dari temulawak untuk membantu kesehatan anak-anak.

1. Menyembuhkan uveitis

Uveitis termasuk salah satu penyakit yang bisa terjadi pada mata, lebih tepatnya sebuah peradangan. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan cara alami yaitu menggunakan temulawak.

Kandungan pada temulawak bisa membantu dalam menangani uveitis. Penanganan menggunakan temulawak bisa membantu pertumbuhan si Anak lebih optimal, sehingga terhindar dari radang pada mata.

2. Mengurangi risiko kanker

Temulawak mengandung kurkumin atau sering disebut dengan zat warna kuning yang bersifat analgesik, antioksidan dan antiinflamasi. Banyaknya kandungan di dalam temulawak menjadikannya disebut sebagai "tameng” yang kuat dalam meminimalisir kanker.

Kemungkinan terhadap pencegahan kanker bisa terjadi karena adanya kandungan antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi sel dari segala bentuk kerusakan. Meskipun demikian, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter agar kanker bisa ditangani dengan tepat.

3. Mencegah sakit maag

Tidak hanya orang dewasa saja, penyakit maag atau dispepsia bisa terjadi pada anak-anak. Salah satu masalah pada lambung ini tentu sangat mengganggu saat sewaktu-waktu kambuh. 

Selain menggunakan resep atau obat dari dokter, bahan herbal seperti temulawak bisa juga dijadikan solusi terhadap penyakit ini. Dengan bantuan temulawak, curcumin dapat menstimulasi kandung empedu untuk lebih produktif. 

4. Menjaga daya tahan tubuh

Temulawak bisa membantu saat proses pembuangan racun di dalam tubuh. Selain itu, temulawak juga dapat membantu mempercepat pemulihan pasca sakit serta membantu kesegaran tubuhnya.

5. Mencegah terjadinya infeksi bakteri dan virus

Manfaat temulawak lainnya adalah dapat membantu mencegah infeksi dan virus. Temulawak bisa dibilang kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin C, E, B6, potasium, hingga zat besi. Kandungan vitamin ini seolah membuat pamor temulawak bisa diyakini dalam menjaga kesehatan anak. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com