Tips Atasi Kult Kering Usai Cuci Tangan

Home / Gaya Hidup / Tips Atasi Kult Kering Usai Cuci Tangan
Tips Atasi Kult Kering Usai Cuci Tangan Tips mengatasi kulit kering usai mencuci tangan dengan sabun. (foto: Miracle Aesthetic Clinic Bali)

TIMESPALEMBANG, DENPASAR – Sebagai salah satu pencegahan Covid-19, masyarakat diimbau untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun secara ilmiah memang dinyatakan lebih efektif daripada cairan pembersih tangan atau hand sanitizer, karena dapat menghilangkan bakteri dan virus yang ada di permukaan kulit.

Namun, akibat mencuci tangan terlalu sering dapat menyebabkan kulit tangan terasa kering, pecah-pecah dan bahkan mengelupas. Mari kita simak tips-tips untuk mencegah kulit tangan mengelupas dan kering dari Miracle Aestethic Clinic Bali.

Tips-mengatasi-kulit-kering-bvb.jpg

Jangan Menggunakan Air yang Terlalu Panas saat Mencuci Tangan

Air yang terlalu panas lebih mudah menghilangkan minyak alami di kulit, yang berfungsi untuk menjaga air di lapisan kulit agar tetap lembab. Dan juga, semakin panas air bisa membuat tangan mengalami iritasi. Jika Anda tidak kuat karena cuaca sedang dingin dan perlu mencuci tangan, Anda bisa menggunakan air hangat yang suhunya suam-suam kuku.

Gunakan Sabun yang Mengandung Pelembab

Pilihlah sabun yang bisa memberikan kelembapan pada kulit, misalnya yang mengandung gliserin dan lanoling, agar kulit tangan tidak mudah kering. Anda juga bisa memilih sabun cair daripada sabun batang, karena sabun batang biasanya memiliki pH tinggi yang bisa membuat kulitmu kering.

Keringkan Tangan dengan Benar

Setelah mencuci tangan, keringkan tangan dengan tisu atau handuk yang lembut dan bersih. Hindari menggosokkan kain, handuk, atau tisu ke kulit tangan. Cukup tepuk-tepukkan dengan lembut ke tangan agar kulit tangan tidak lecet atau perih, apalagi jika kulit Anda sensitive dan mudah terluka.

Gunakan Pelembab Kulit

Agar kulit Anda tetap lembap dan sehat, oleskan pelembap kulit yang mampu menghalangi penguapan air dari lapisan kulit. Anda dapat menggunakan pelembab kulit seperti Miracle Whitening Body Lotion selain untuk melembabkan kulit tangan juga dapat berfungsi mencerahkan dan melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com