Corona Stres

Home / Gaya Hidup / Corona Stres
Corona Stres Glutera News.

TIMESPALEMBANG, JAKARTA – Pandemi virus Corona tidak hanya mengancam kesehatan fisik, namun juga kesehatan mental setiap individu. Tidak hanya rasa takut, efek psikologis yang ditimbulkan pun bisa berdampak serius.

Karantina mandiri sebagai langkah penyebaran pandemi virus Corona ternyata memberikan dampak negatf, satu di antaranya terhadap kesehatan mental. Seseorang bisa mengalami stres di tengah pandemi COVID-19. Stres adalah respons tubuh untuk menghadapi atau lari dari suatu keadaan.

Gejala yang muncul ketika seseorang mengalami stres dapat berbeda-beda. Gejala dapat dibedakan menjadi:

1. Gejala emosi
Seperti frustrasi, suasana hati berubah-ubah, sulit menenangkan pikiran, rendah diri, serta merasa kesepian, tidak berguna, bingung, dan hilang kendali, hingga tampak bingung, menghindari orang lain.

2. Gejala fisik
Seperti lemas, pusing, migrain, sakit kepala tegang, gangguan pencernaan (mual dan diare atau sembelit), nyeri otot, jantung berdebar, sering batuk pilek, gangguan tidur, hasrat seksual menurun, tubuh gemetar, telinga berdengung, kaki tangan terasa dingin dan berkeringat, atau mulut kering dan sulit menelan.

3. Gejala kognitif
Seperti sering lupa, sulit memusatkan perhatian, pesimis, memiliki pandangan yang negatif, dan membuat keputusan yang tidak baik.

4. Gejala perilaku
Seperti tidak mau makan, menghindari tanggung jawab, serta menunjukkan sikap gugup seperti menggigit kuku atau berjalan bolak-balik, merokok, hingga mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

5 Tips Atasi Stres Akibat Virus Corona
Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi Corona telah menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran yang bisa mendatangkan stres.

Manajemen stres dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan yang positif dan menyenangkan diri. Lakukan pula aktivitas yang berhubungan dengan orang lain dengan memanfaatkan teknologi seperti menelepon, video call, media sosial, dan bermain game online. Menjaga ketenangan batin, misalnya dengan meditasi, berdoa, dan tetap bergerak dengan aktif di rumah misalnya bekerja giat, melakukan hobi, membereskan rumah, bermain dengan anak, bahkan berkebun dan memasak juga bisa jadi cara untuk mengelola stres di tengah masa penuh kecemasan, stres, depresi, seperti saat ini.

1. Hindari Hal-hal yang Mengundang Kepanikan
Membatasi diri menggunakan media sosial, namun tetap penting untuk selalu mengetahui kabar-kabar terbaru mengenai pandemi Corona. Pastikan juga kamu mengeceknya dari sumber berita yang terpercaya. 

2. Tetap Terhubung dengan Teman dan Keluarga
Pandemi Corona telah membuat kita harus melakukan social distancing atau jaga jarak sosial dan melakukan isolasi diri di rumah. Tapi sayangnya isolasi diri membuatnya tidak bisa berkumpul bersama teman-teman dan keluarga besarnya.
Oleh sebab itu agar tetap merasa terhubung, jadwalkan pertemuan menggunakan panggilan video bersama teman dan keluarganya setiap hari. Hal ini akan membantu menghilangkan stres yang ditimbulkan akibat pandemi Corona.

3. Fokus Melakukan Aktivitas yang Menyehatkan
Kebiasaan buruk sangat mudah dilakukan saat kamu merasa stres atau bosan. Untuk itu, memfokuskan diri menemukan kegiatan yang lebih bermanfaat dan dapat membuatnya tetap sehat serta merangsang kreativitasnya. Kegiatan tersebut dapat mengalihkan perhatianmu sementara dan membuatmu menjadi lebih tenang. Misalnya dengan melakukan olahraga seperti, yoga atau pilates atau beribadah.

4. Jadwalkan Waktu untuk Diri Sendiri Setidaknya 30 Menit Sehari
Untuk menghindari stres akibat virus Corona, kamu bisa menjadwalkan waktu untuk dirimu sendiri, setidaknya selama setengah jam setiap harinya. Waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk melakukan kegiatan yang kamu sukai untuk menghilangkan rasa penat dan stres.
Pastikan selama waktu tersebut kamu tidak melakukan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Hal itu akan membantu menenangkan pikiranmu sehingga kamu terhindar dari stres.

5. Jadilah Kreatif
Cobalah untuk menggali kekreativitas yang ada di dalam dirimu. Fokus menciptakan sesuatu yang dapat kamu bagikan kepada dunia. Seperti share berita kesehatan, stips tip menjaga imunitas tubuh, dsb.

Melakukan hal-hal semacam itu akan sangat membantu untuk menghilangkan stres akibat Corona. Kamu juga bisa melakukan hal-hal kreatif lainnya yang memang sesuai dengan bidang yang kamu minati. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com