Tanpa Kantung Plastik, ini Tips Belanja Ramah Lingkungan

Home / Gaya Hidup / Tanpa Kantung Plastik, ini Tips Belanja Ramah Lingkungan
Tanpa Kantung Plastik, ini Tips Belanja Ramah Lingkungan Belanja ramah lingkungan dengan membawa tas sendiri. (FREEPIK.COM)

TIMESPALEMBANG, JAKARTABelanja ramah lingkungan mulai dibiasakan oleh ibu-ibu. Itu karena beberapa kota telah melarang penggunaan katong plastik sekali pakai.

Diketahui sampah plastik adalah sampah yang paling sulit diurai. Kampanye anti sampah plastik terus diserukan demi menyelamatkan bumi.

Kadang masih banyak yang bingung, bagaimana caranya belanja ke pasar tanpa menggunakan plastik? Nah berikut tips belanja tanpa plastik dari TIMES Indonesia.

Karena tidak menggunakan kantong plastik, maka bawalah kantung belanja yang dapat digunakan berulang kali. Seperti bahan kain, tas jaring atau tas belanja tradisional.

Untuk sayur yang diikat, Anda dapat langsung memasukkannya ke dalam kantong belanja. 

Sedangkan sayur yang tak diikat, seperti wortel, kol, terung, jangung, brokoli dan sebagainya Anda dapat menggunakan tas jaring. Kini banyak dijual tas jaring dengan berbagai ukuran. 

Bagaimana dengan daging atau ikan dan sejenisnya? Anda dapat membawa food container atau wadah sebelum ke pasar. 

Food container juga dapat digunakan untuk bahan makanan basah yang tak dikemas, seperti tahu, cincau, atau lainnya.

Daripada pakai plastik, setelah ditimbang cabe, juga dapat langsung dimasukkan dalam food container. Dalam hal ini cabe dapat dicampur dengan tomat, bawang. Tapi jangan lupa, segera pisahkan setelah sampai di rumah.

Penggunaan food container juga akan membuat tas belanja Anda tetap bersih. 

Belanja ramah lingkungan dengan membawa kantung belanja sendiri dan food container memang sedikit merepotkan ya. Tapi percayalah ini akan menjadi kebiasaan yang baik untuk menyelamatkan bumi. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com