Kaya Nutrisi Penting, Ini Manfaat Makan Ikan Bandeng untuk Tubuh

Home / Gaya Hidup / Kaya Nutrisi Penting, Ini Manfaat Makan Ikan Bandeng untuk Tubuh
Kaya Nutrisi Penting, Ini Manfaat Makan Ikan Bandeng untuk Tubuh Ikan Bandeng (Foto: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESPALEMBANG, JAKARTA – Ikan bandeng menjadi salab satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi. Ikan bandeng mengandung berbagai nutrisi penting yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Lalu, apa saja manfaat makan ikan bandeng untuk kesehatan tubuh?

Ikan bandeng mentah mengandung 20 gram protein. Bukan hanya itu, dalam 100 gram ikan bandeng juga terdapat lemak sebanyak 4,8 gram serta energi sekitar 123 kalori. Ikan bandeng juga kaya vitamin dan nutrisi lain seperti kalsium, zat besi, karbohidrat, fosfor dan berbagai nutrisi lainnya.

Kebanyakan ikan bandeng biasanya diolah dengan cara presto, yang membuat penikmatnya bisa memakan seluruh bagian tubuh ikan. Tak terkecuali tulang yang turut menjadi empuk sehingga bisa dimakan bersama daging ikan.

Mengutip dari laman CNN Indonesia, Profesor Ahmad Sulaeman, seorang ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), menuturkan bahwa ikan bandeng memiliki nutrisi yang luar biasa termasuk kandungan proteinnya.

Menurutnya, ini berkat proses pemasakan ikan bandeng melalui presto, yang memungkinkan seluruh bagian badan ikan bisa ikut termakan kecuali perut dan insang yang sudah dibuang sebelumnya. 

Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, tulang di dalam ikan bandeng kaya akan kalsium yang baik untuk menunjang fungsi tulang dan gigi.

Manfaat makan ikan bandeng lainnya untuk kesehatan tubuh adalah dilihat dari kandungan gizi, seperti vitamin A, B, dan C, yakni penting untuk menjaga fungsi penglihatan dan kekebalan tubuh. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com