Benarkah Minuman Manis Memicu Kematian Dini?

Home / Gaya Hidup / Benarkah Minuman Manis Memicu Kematian Dini?
Benarkah Minuman Manis Memicu Kematian Dini? ILUSTRASI. (FOTO: Halodoc)

TIMESPALEMBANG, JAKARTAMinuman manis memang terasa lebih nikmat dibandingkan air putih. Rasa manis pada minuman memang bisa menambah sensasi segar. Sayangnya, pakar kesehatan menyebut kebiasaan mengonsumsi minuman manis bisa menyebabkan kematian dini. Bagaimana bisa minuman manis mampu memicu kematian dini?

Dilansir dari Dokter Sehat, sebuah penelitian yang baru saja dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Circulation, disebutkan bahwa minuman manis, termasuk minuman bersoda, minuman berenergi, dan jus kemasan yang tinggi gula bisa menyebabkan datangnya penyakit kardiovaskular dan kanker. Penyakit-penyakit inilah yang bisa menyebabkan kematian dini.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa wanita yang suka mengonsumsi minuman manis hingga dua porsi setiap hari cenderung memiliki risiko kematian dini hingga 63 persen lebih besar dibandingkan dengan wanita yang jarang meminumnya. Sementara itu, pria yang sering minum minuman manis memiliki risiko kematian dini 29 persen lebih besar dibandingkan dengan pria yang jarang meminumnya.

Pemimpin penelitian ini, Vasanti Malik menyebut penelitian yang mereka lakukan mempertegas bahaya dari kebiasaan minuman manis yang sayangnya semakin digemari banyak orang, termasuk anak muda.

Penelitian-penelitian sebelumnya menyebut ada kaitan erat antara minuman manis dengan naiknya berat badan, peningkatan risiko diabetes tipe 2, dan peningkatan risiko terkena penyakit kardiometabolik seperti stroke atau penyakit jantung.

Penelitian lain yang dipimpin oleh dr. John Sievenpiper dari Clinical Nutrition and Risk Factor Modification Center, St. Michael Hospital, Toronto, Kanada, menghasilkan fakta bahwa minuman manis adalah penyebab utama dari peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2. Bahkan, peningkatan risiko ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan makanan atau minuman lainnya, termasuk makanan manis.

Minuman manis cenderung lebih mudah diserap oleh tubuh sehingga akan lebih cepat meningkatkan kadar gula darah. Jika kita sering mengonsumsinya, dikhawatirkan kadar gula darah akan terus berada dalam kondisi tinggi sehingga akan menyebabkan datangnya diabetes dan memicu kematian dini karena berbagai penyakit kronis. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com