Agar Anak Tidur Nyenyak, Berikan Makanan Ini

Home / Gaya Hidup / Agar Anak Tidur Nyenyak, Berikan Makanan Ini
Agar Anak Tidur Nyenyak, Berikan Makanan Ini Ilustrasi Bayi. (FOTO: nakita.grid/Istimewa)

TIMESPALEMBANG, JAKARTA – Tidur merupakan salah satu hal paling dasar yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan tidur cukup, tubuh mampu memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak lalu membangun yang baru. Beberapa peneliti juga mengatakan, orang yang tidur nyenyak setiap malam terhindar dari berbagai gangguan kesehatan tubuh.

Tidur penting bagi semua makhluk hidup terutama anak-anak. Ketika tidur, tubuh tumbuh, kulit meremajakan, sel-sel otak terstruktur untuk komunikasi, dan banyak lagi. 

Seorang anak yang memiliki tidur yang cukup memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes dan menjadi kelebihan berat badan. Selain itu, tidur yang baik juga membantu dalam belajar dan perhatian yang lebih baik.

Jika anak susah tidur, Anda bisa membantu anak agar bisa tidur nyenyak dengan konsumsi makanan tertentu 

Berikut ini berbagai makanan untuk membantu anak Anda tidur dengan nyenyak, seperti dilansir dari bisnis.com.

1. Susu

Susu mengandung asam amino yang disebut triptofan, yang membantu tidur. Kehadiran kalsium dalam susu juga menghasilkan lebih banyak triptofan. Ketika susu diberikan hangat, suhu tubuh meningkat sehingga anak akan mulai merasa mengantuk.

2. Pisang

Pisang kaya akan magnesium yang bertindak sebagai pelemas otot, sehingga membuat seluruh tubuh rileks. Mereka juga mengandung hormon pemicu tidur, melatonin dan serotonin, yang membantu mengatur siklus tidur.

3. Ikan salmon

Salah satu pilihan terbaik di antara makanan laut yang memicu tidur adalah salmon. Sebagian besar salmon saat makan malam merangsang produksi melatonin dan serotonin.

Produksi ini, pada gilirannya, menginduksi tidur dengan mudah. Apalagi salmon juga baik untuk menambah berat badan pada anak-anak.

4. Gandum

Gandum memiliki konsentrasi hormon melatonin yang tinggi, yang membuat seseorang tertidur. Gandum juga tinggi karbohidrat, yang membantu perut merasa kenyang, sehingga membantu dalam tidur.

5. Bayam

Bayam adalah tambahan penting dalam makanan setiap anak. Selain kaya akan semua vitamin dan mineral yang diperlukan untuk seluruh tubuh, bayam juga kaya akan asam amino triptofan.

6. Anggur

Hormon pengatur tidur, melatonin, juga ada dalam anggur. Hanya sedikit dari mereka yang cukup untuk melakukan keajaiban. Merupakan pilihan yang lebih sehat untuk memilikinya daripada mencampurkannya ke dalam jus. Sebaiknya tambahkan lebih banyak anggur ke salad buah.

Itulah berbagai makanan dan minuman sehat yang bisa dikonsumsi agar anak bisa tidur nyenyak sepanjang malam. Selain bisa membuat tidur lebih nyenyak, makanan di atas juga bisa mencegah Anda terkena berbagai gangguan kesehatan tubuh. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com