Idul Adha, Kawasan Wisata di Pulau Morotai Diserbu Pengunjung

Home / Wisata / Hari Ketiga Idul Adha, Kawasan Wisata di Pulau Morotai Diserbu Pengunjung
Hari Ketiga Idul Adha, Kawasan Wisata di Pulau Morotai Diserbu Pengunjung Kawasan wisata bahari Dodola, Army Dock dan Tanjung Pinang di Pulau Morotai diserbu pengunjung. (FOTO: Abdul H Husain/TIMES Indonesia)

TIMESPALEMBANG, PULAU MOROTAI – Sejumlah kawasan wisata di Pulau Morotai, Maluku Utara, semenjak hari pertama hingga hari ketiga Idul Adha mulai diserbu pengunjung. Walaupun belum signifikan karena hanya wisatawan lokal, tapi jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan pengunjung.

Hasil pantauan TIMES Indonesia sejak lebaran Idul Adha 1441 H hari pertama wisatawan lokal mulai antusias mengunjungi sejumlah objek wisata yang ada di Pulau Sejarah ini. Seperti kawasan wisata pantai army dock, pantai nunuhu, pantai tanjung gorango, pantai tanjung pinang, Pulau Dodola dan kawasan wisata air terjun nakamura.

Wisata-di-Pulau-Morotai-Diserbu-Pengunjung-2.jpg

Sebagian besar warga yang datang ke sejumlah objek wisata tersebut seluruhnya adalah warga Pulau Morotai dari berbagai desa. Adapun warga dari luar daerah tapi telah menetap sementara di Morotai karena bekerja.

“Warga yang datang ke kawasan wisata pantai tanjung pinang ini seluruhnya warga Morotai dari desa sekitar lokasi wisata, paling jauh warga Daruba," ungkap Roger salah satu pengunjung asal Desa Darame, Minggu (2/8/2020) sore.

Hal yang sama disampaikan Julyati warga Tidore yang bekerja di Morotai saat mengunjungi kawasan wisata Pulau Dodola.

"Kelihatannya pengunjung kawasan wisata ini rata rata orang yang berdomisili di Pulau Morotai saat ini alias wisatawan lokal. Karena masih dalam suasana Covid-19 jadi wisatawan dari luar daerah belum bisa masuk terkendala karantina," terangnya.

Tapi, lanjutnya tuk kawasan wisata pulau Dodola pada lebaran hari ketiga ini pengunjungnya sangat banyak. Mereka datang dari berbagai penjuru di Pulau Morotai jumlahnya ratusan orang.

Demikian juga objek wisata pantai army dock, terlihat sejak pagi sudah dibanjiri pengunjung dari berbagai desa di Morotai.

Wisata-di-Pulau-Morotai-Diserbu-Pengunjung-3.jpg

"Kita tidak perlu jauh jauh ke Dodola, saya dan keluarga memilih menghabiskan waktu libur pada lebaran hari ketiga ini di pantai army dock. Karena pantainya bersih dan udaranya sejuk banyak pohon rimbun," ungkap Aswin salah satu pengunjung.

Selain itu, kawasan wisata air terjun nakamura, juga mulai dipadati pengunjung untuk selfie. "Kita pilih air terjun nakamura karena aksesnya dekat dibandingkan dengan air terjun lainnya, juga jalannya bagus. Kemudian air terjunnya sangat indah dengan hutan yang asri," ungkap Samsudin warga Daruba.

Sementara, Sekertaris Dinas Pariwisata Pulau Morotai, Saban Lanoni, saat dikonfirmasi soal pantauan Dispar lonjakan pengunjung dikawasan wisata, ia mengakui belum dipantau keseluruhannya karena masih dalam kondisi pandemik Covid-19.

Pada lebaran Idul Adha ini, lanjut Saban Lanoni, Dispar fokus memantau Dodola, karena sudah miliki fasilitas sehingga pengunjungnya banyak. Untuk kawasan wisata di Pulau Morotai lainnya belum. Masyarakat hanya diminta mematuhi protokoler kesehatan dan jumlah pengunjung kawasan wisata dibatasi. (*) 

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com